Sabtu, 06 Februari 2016

PROFIL DESA CILOPANG

Posted By: KKU STIE 2016 - 22.58
SEJARAH DESA CILOPANG

                Nama Cilopang asal mula diambil dari nama pohon yang banyak tumbuh dilokasi tersebut, pohon itu bernama Lopang. Pohonnya besar, buahnya berwarna merah tapi tidak bisa dimakan karena pahit. Meskipun begitu Pohon Lopang ini nbanyak mengeluarkan sumber mata air sehingga daerah sekitar yang ada Pohon Lopang menjadi subur. Untuk itu para tetua dulu memberikan nama Cilopang artinya Ci=Cai (basa sunda), Lopang (nama pohon lopang) maksudnya air atau sumber mata air yang keluar dari Pohon Lopang.
                Desa Cilopang sendiri merupakan pemekaran dari Desa Ranjeng pada Bulan Februari 1982. Sebelum menjadi Desa definitif pada tahun 1984 Desa Cilopang dijabat terlebih dahulu selama 2 tahun oleh Bapak Amin selaku Kepala Desa.
                Visi dan misi Desa Cilopang:            


·         Visi
Mendorong terwujudnya Desa Cilopang yang mandiri ditopang oleh keberdayaan masyarakat, SDM dan aparatur desa yang tanggap.

·         Misi
1.       Peningkatan tata pemerintahan desa yang makin baik, bersih dan amanah yang sesuai UU no 32 tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah no 72 tahun2005.
2.       Peningkatan kualitas dan produktivitas SDM yang dipotong pembinaan akhlak mulia serta lingkungan dan moral sosial yang akan diraih melalui upaya peningkatan pendidikan, kualitas kesehatan, penyediaan air bersih dan peningkatan produktivitas masyarakat.
3.       Peningkatan dan pemanfaatan SDM serta kerukunan dan kegotongroyongan masyarakat sebagai modal dasar menciptakan keamanan, ketentraman yang kondusif.
4.       Peningkatan dan pemanfaatan dan pengembangan potensi SDA dan ekonomi Desa yang kelanjutan guna tercapainya kesejahteraan masyarakat yang layak dan bermanfaat.





Inilah suasana Desa Cilopang yang begitu hijau dengan banyaknya berbagai tanaman dan tumbuhan yang tidak tercemar oleh asap kendaraan. 



        
Masa pemerintahan 2013 – 2019
Kepala Desa                               : Titin Hotimah,SE
Sekretaris Desa                          : Dedi Rohaedi
Kaur Pemerintahan                     : E.Sukarna
Kaur Kesra                                 : Ijang Rohiman
Kaur Umum                                :
Kaur Ekonomi                             : Wawan Purnawan
Bendahara                                 : Sutarna
Pesuruh                                     : Ajat Sudarjat
Kadus I Jatiputri                         : Warma
Kadus II Bakan Nyampay             : Inam
Kadus III Cilopang Girang           : Karwia
Kadus IV Cilopang Hilir               : Wari

Desa Cilopang adalah salah satu desa di Kecamatan Cisitu yang mempuyai luas wilayah 821.645 km2. Jumlah penduduk Desa Cilopamg sebanyak 3200 jiwa yang terdiri dari 1605 laki-laki dan 1595 perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1140 KK. Sedangkan jumlah Keluarga Miskin (Gakin) 254 KK dengan persentase 22% dari jumlah keluarga yang ada di Desa Cilopang.
Dilihat topografi dan kontur tanah, Desa Cilopang Kecamatan Cisitu secara umum berupa tanah merah dan hitam yang berda pada ketinggian antara 0,5 M s/d 352 M di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 300 s/d 380 Celcius.


About KKU STIE 2016

Magazine Power Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget


Blogger templates

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy