Jumat, 01 April 2016

ANALISIS SWOT PRODUK MAKANAN DAN NON MAKANAN

Posted By: KKU STIE 2016 - 22.54
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Berikut analisis SWOT binaan produk yang telah kelompok kami lakukan:


3.1.      Analisis SWOT
Bolu kukus gula merah :
kekuatan :
1.    Satu-satunya hasil produk Desa Cilopang yang memiiki rasa berbeda dan tidak dimiliki daerah lain.
2.    Produk yang sudah banyak dikenal.
3.    Pernah memenangkan kompetensi .
4.    Menjadi produk unggulan Desa.
5.    Harga yang terjangkau.
kelemahan :
1.    Sulit mencari SDM.
2.    Tidak memiliki label.
3.    Modal yang terbatas.
4.    Hanya memproduksi sesuai pesanan.
peluang :
1.    Bisa membuat jenis produk baru yang berbahan singkong dan gula merah.
2.    Memasarkan dengan cara online.
3.    Mengembangkan produk dengan varian rasa yang berbeda.
ancaman :
1.    Produk bisa ditiru oleh orang lain.
2.    Persaingan pangsa pasar yang semakin variatif.

Keripik singkong :
kekuatan :
1.    Tidak mudah basi.
2.    Harga terjangkau.
3.    Bahan baku yang tidak terlalu mahal.
kelemahan :
1.    Modal terbatas.
2.    Pemasaran belum meluas.
3.    Tidak memiliki label.
4.    Varian rasa yang kurang variatif.
5.    Kurangnya SDM.
peluang :
1.    Penjualan produk di situs online.
2.    Menambah varian rasa baru.
ancaman :
1.    Bersaing dengan produk ternama.
2.    Bahan baku musiman.
3.    Produk yang mudah ditiru.
  
Bunga plastik :
kekuatan :
1.    Bahan yang tidak mudah rusak.
2.    Bahan baku yang mudah didapat.
3.    Tidak memerlukan banyak modal.
kelamahan :
1.    Pemasaran kurang meluas.
2.    Hanya memproduksi sesuai pesanan.
3.    SDM terbatas.
peluang :
1.    Memasarkan melalui sosial media.
2.    Inovasi kemasan menjadi semakin menarik.
3.    Masih tinginya masyarakat terhadap hiasan bunga.
ancaman :
1.    Produk yang mudah ditiru.
            Hihid dan Aseupan :
kekuatan :
1.    Bahan baku mudah didapat.
2.    Harga mudah terjangkau.
3.     
kelemahan :
1.    Bahan mudah rusak.
2.    Sulitnya memasarkan produk.
3.    Proses produksi memakan banyak waktu.
peluang :
1.    Pemasaran produk melalui situs online.
2.    Banyaknya produk yang bisa dihasilkan dari bahan dasar bambu.
3.    Inovasi kemasan produk menjadi lebih modern.
ancaman :
1.    Kurangnya minat masyarakat.
2.    Bersaing dengan produk berteknologi.
   
3.     



About KKU STIE 2016

Magazine Power Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget


Blogger templates

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy